Doppelganger

Ok ini cuma catatan pendek sebelum tidur.

Sore ini baru saja kelar ujian di Mie Gakuen. Awalnya saya santai-santai saja karena saya pikir saya akan ikut ujian susulan, karena hari Jumat kemarin saya tidak datang ke kelas. Namun apa yang terjadi sodara2? ternyata teman sekelas saya yang 3 orang lainnya itu juga tidak datang! o_O;

Saya baru saja meletakkan tas dan mengeluarkan lembar latihan (akhirnya ketemu) ketika sensei kemudian mengatakan “ok, kita harus cepat, supaya nanti waktu ujiannya cukup” heks! o_O; apa saya tidak salah dengar?? Bukannya saya takut ujian, saya tidak khawatir soal bunpo, yang saya khawatirkan adalah si 「漢字」 ini. Dan kalau memang saya harus ujian kanji malam ini, saya benar-benar nyerah karena satu pun tidak ada yang nyantol di otak saya.

Dengan mengerahkan segala daya ingat yang ada (setidaknya selama weekend kmrn saya belajar dan mengerjakan beberapa latihan) dan yak! ujian dimulai!.

Ada 3 lembar soal dan…

Lihat pos aslinya 195 kata lagi

Sanji's Secret

Sedikit informasi…
Kanji adalah salah satu dari empat set aksara yang digunakan dalam tulisan modern Jepang selain kana (katakana, hiragana) dan romaji.

Aksara Kanji memiliki dua cara pengucapan, ucapan Cina (on’yomi) dan ucapan Jepang (kun’yomi). Untuk lebih jelasnya, baca artikel tentang on’yomi dan kun’yomi di blog ini: http://samudra-fox.blogspot.com.

Jadi, Kanji di sini bukanlah nama tepung tapioka (ketela) yang banyak digunakan sebagai bahan baku makanan tradisional (bakso, pempek, siomay, dsb). Juga bukan nama tokoh dalam serial Tokyo Love Story. Okey, dongengnya cukup sekian.

Persiapan
Jika komputer anda tidak support dengan huruf Jepang, silahkan klik di sini untuk mendownload Japanese Language Pack, lalu installah program tersebut.

Mulai
Silahkan kunjungi situs-situs di bawah ini untuk mendapatkan nama anda dalam huruf Kanji, anda bisa belajar menulis kanji dari situs-situs ini:

1.www.samuraibaby.com
Cari/pilih salah satu nama (dari A sampai Z), misalnya Tamara (yang artinya: Abundant, Truth, Enjoy). Jika…

Lihat pos aslinya 295 kata lagi

sora-kun.weblog()

Catatan:

Post ini merupakan kelanjutan dari bahasan sebelumnya tentang huruf kana. Materi sebelumnya:

    Mengenal Huruf Kana (1) – Hiragana

    Mengenal Huruf Kana (2) – Katakana

Catatan II:

Untuk memudahkan pembahasan, Anda bisa mengunduh kamus elektronik Jepang-Inggris sbb: [WaKan] [JLookUp]. Karena keterbatasan ruang tidak semua kosakata saya terjemahkan.

 
Catatan III:

Post-post lain tentang bahasa Jepang di blog ini bisa Anda temukan di halaman direktori nihongo.

 

 

Dalam sistem penulisan Bahasa Jepang, terdapat tiga macam aksara yang dipakai. Dua di antaranya sudah dibahas dalam tulisan sebelumnya di blog ini, yakni huruf kana (hiragana dan katakana). Sekarang kita akan membahas tentang satu aksara lain di bahasa Jepang, yakni Kanji.

Mengenai apa itu huruf Kanji, perbedaannya dengan huruf kana, juga bagaimana penggunaannya akan segera kita amati berikut ini.

さあ、 はじめましょう。。。 ^^


 

 

Huruf Kanji (jp: 漢字 ) adalah huruf Jepang yang diimpor dari aksara Cina. Dinamai…

Lihat pos aslinya 1.525 kata lagi